http://img98.imageshack.us/img98/9617/image3cr0.gif
lestarikan burung Cendrawasih yang indah ini yang terdapat di Irian, Indonesia


assalamu'alaikum selamat datang di Praktis Manis Semoga bermanfaat dan barokah ya... Kuatkan iman sehat berpikir positif dan...selalu optimis

Rabu, 13 Januari 2010

Rumah Cantik dengan Terarium


Rumah mungil dan sempit bukan penghalang bagi pecinta tanaman untuk menghadirkan nuansa hijau di dalam rumah. Salah satu alternatifnya adalah dengan terarium alias bertanam dengan wadah dari kaca. Selain bentuknya cantik dan unik, bertanam terarium juga terkesan bersih karena medianya bukan tanah.
Memang, harga terarium lebih mahal dibanding tanaman dalam pot biasa. Namun bisa kok, kita buat sendiri. Selain lebih murah, juga lebih leluasa menuangkan kreasi serta memilih jenis tanaman yang disukai. Bagaimana caranya?
  1. Menyiapkan bahan2nya. Jenis tanaman yang cocok adalah tanaman yang pertumbuhannya lambat, seperti : palem, suplir atau kaktus. Pilih wadah yang tembus pandang (akuarium, gelas, botol atau toples). Siapkan juga media tanam yang terdiri dari arang kayu, humus, moss dan zeolit. Juga aksesori (aneka boneka porselen, kayu, batu atau kerang) dan peralatan (hand sprayer, sekop kecil dan corong)
  2. Lalu masukkan media tanam. Kemudian gali media tanam dengan sekop dan masukkan tanaman. Tanaman bisa diatur searah atau segala arah, yang penting bisa dinikmati dari sudut manapun. 
  3. Setelah tanaman dimasukkan, letakkan aksesori untuk mempermanis penampilan. Kemudian siram tanaman dengan handsprayer. 
  4. Penyiraman lazimnya dilakukan 3-4 hari sekali. Setiap 2-3 minggu sekali, terarium sebaiknya dikeluarkan agar mendapat cahaya matahari
gbr. hasil terariumnya : my picture collections

0 komentar:

Posting Komentar